31.3.19

Membuat Blog Semudah Bikin Mie Instan | How to Start a Blog with HBBV



Hupla! Temen-temen pernah kepikiran nggak sih ? “ Aduh bikin blog kayaknya susah “ atau “ Gimana sih cara bikin blog? “ . Tenang temen-temen, caranya so Easyyyyyy! Kayak kalau kalian lagi bikin mie instan, gampang banget, prosesnya juga nggak lama.
Nah, kali ini, Vira habis dari sharing session dari komunitas Hijab Beauty Blogger Vlogger tentang ‘ How to Start A Blog with IchaAmalia “Sharingnya seru banget dan bikin Vira makin tahu bahwa bikin blog itu gampang banget!Banyak  orang mau memulai bikin blog, tapi masih takut-takut gimana gitu ya. Nah, kali ini supaya kalian nggak bingung lagi, Yuk simak!

Apa sih yang pertama kali harus kalian lakukan? Tentukan tema, blog kalian mau bahas apa. Apakah daily life, kuliner, fashion, makeup, atau hal apapun yang memang passion kalian. Ketika kalian sudah tahu akan membahas apa, itu akan jauh lebih mudah menentukan isi artikel. Apalagi ketika kalian memang suka dengan tema yang kalian pilih. Pasti kalian akan lebih menikmati untuk update blog! Selanjutnya, tentukan platform blog yang akan kalian gunakan, ada banyak platform yang tersedia loh, salah sataunya blogger/blogspot.
Dalam tulisan kali ini, Vira akan lebih banyak membahas tentang how to start a blog dengan platform blogspot. Tentu dari kita semua sudah punya akun google dong? Kalau udah punya makin gampang lagi, kalau belum, jangan lupa bikin aku google ya. Setelah itu, buka blogger.com / blogspot.com , log in pakai akun google kalian. Dan mulai!
Ketika sudah terdaftar, sudah punya blog apa yang selanjutnya kalian lakukan? Setting and Customize blog! Alias mengatur layout blog kalian. Apa itu layout? Layout adalah tampilan blog kalian, mulai dari template, tata letak, background. Usahakan tampilan blog kalian dapat memberikan kenyamanan untuk pembaca ya!

Saat akan mengatur template, ada 4 bagian utama dalam blog, yaitu :
1.       Header
2.       Body
3.       Sidebar
4.       Footer


Ada juga elemen-elemen penting dari dalam blog, apa aja ?
a.       About page, berisi tentang gambaran singkat penulis blog. Jadi, para pembaca tahu siapa kamu!
b.      Contact Page, berisi kontak pribadi penulis sehingga mempermudah pembaca menemukanmu.
c.       Menu/Navigasi, berisi beberapa kategori yang mewakili isi blogmu.
d.      Search blog, berisi kotak pencarian sehingga pembaca lebih mudah menemukan isi blog berdasarkan keyword yang mereka inginkan.
Selanjutnya kita bahas template yuk! Kalau Vira, paling suka header blog berupa tulisan atau nama, tapi beberapa orang suka pula memasang foto/logo/slogan di header, semua tergantung selera yang kalian inginkan. Untuk template sendiri, kalian bisa memilih konsep yang simple atau tidak terlalu ramai. Tapi buat Vira, template apapun selama pembaca suka dan kamupun suka, it’s okayyyyy.

Kemudian, kita bakal bahas font yang perlu kamu gunakan. Semuanya kembali ke selera. Kalo untuk tulisan, Vira lebih suka model calibri atau tulisan yang tegak. Sedangkan untuk judul, lebih suka model berekor! Semua bisa kamu kombinasikan.




Kali ini, Vira hanya membahas secara singkat  tentang memulai blog. Pada tulisan berikutnya, Vira akan bahas lebih dalam mengenai header-footer-body-template. Dan pastinya hasil dari sharing session HBBV! Semoga HBBV sering bikin sharing seru kayak gini, pengetahuan nambah, temen pun nambah!

No comments: